| 0 comments ]

Ujian merupakan hal penting yang harus dilalui oleh setiap pelajar sekolah agar bisa melangkah ke tahap berikutnya. Untuk itu perlu persiapan yang tidak mudah. Akan tetapi banyak pelajar yang melakukan persiapan yang kurang tepat ketika menghadapi ujian, terutama ketika memilih alat tulis untuk ujian.

Lulus ujian merupakan satu hal yang didambakan setiap pelajar dimanapun. Untuk bisa lulus ujian kita bisa bagi menjadi 2 faktor besar : faktor teknis dan nonteknis. Faktor teknis merupakan semua hal yang berkaitan dengan proses belajar seperti membaca, memahami, berlatih, dan sebagainya.

Faktor non teknis meliputi pemilihan alat tulis, kondisi psikologis dan lainnya. Menurut Promotion Coordinator Marketing Department PT Faber-Castell International Indonesia, Evi Erliyanti, tips untuk menjawab faktor non teknis diatas adalah bagaimana memilih alat tulis yang baik untuk ujian.

Tips tersebut yakni:

1. Memilih pensil dengan diameter isi pensil 2.8 mm dengan tingkat ketebalan 2B
2. Pilih pensil yang memiliki pori-pori kayu paling padat
3. Pilih pensil yang memiliki leads (isi pensil) hitam dan mengkilat
4. Pilih pensil yang memiliki leads (isi pensil) di tengah.
5. Pilih penghapus khusus EBTA dan SPMB.

Selain tips di atas berikut beberapa hal penting lain yang harus dilakukan ketika menghadapi ujian, yakni gunakan produk paket ujian dan tidak dianjurkan menggunakan pensil mekanik.

0 comments

Post a Comment